Mengenal Lebih Jauh Alat Berat Excavator

Mengenal Lebih Jauh Alat Berat Excavator

  • Post category:Artikel

Excavator adalah jenis unit alat berat yang sering kali ditemui dan digunakan dalam proyek besar di Indonesia. Alat berat ini mempunyai banyak fungsi seperti menggali, mengeruk atau merapikan lerengan tepi bukit/waduk serta bisa juga untuk mengangkut material, ada pula jenis tipe lain yang berfungsi sebagai penghancur material keras.

Pengertian Excavator

Excavator atau bisa disebut Mesin Pengeruk adalah alat berat yang terdiri dari rangkaian batang atau arm, tongkat atau bahu, bucket atau keranjang beserta hidrolik untuk penggeraknya, dan rumah operasional dengan gaya putar 360 derajat serta terdapat roda penggerak laju mesin yang terdiri dari rantai lempengan-lempengan besi.

Alat Berat Excavator satu ini adalah alat yang sangat multifungsi daripada alat berat lainnya. diantara Pekerjaan atau Fungsi Utama dari alat ini adalah untuk menggali, memuat material ke dalam dump truck atau loading, menciptakan kemiringan atau sloping, dan juga dapat memecahkan material keras seperti batu yang biasa disebut breaker.

Alat yang satu ini pertama kali diciptakan di dunia sebanyak 7 unit pada 1840 dan merupakan perkembangan dari alat penggaruk bertenaga uap yang disebut dengan nama Power Shovel (Penggaruk Uap).

Baca juga artikel…
Peran Alat Berat dalam Menangani Bencana Alam

Fungsi Excavator

Alat Berat yang serbaguna ini berperan penting dalam pekerjaan dengan kapasitas berat seperti proyek pembangunan infrastruktur dalam bidang konstruksi, pertambangan, normalisasi sungai, perkebunan, dan sektor lainnya.

Berikut beberapa kegunaan dari alat yang serbaguna ini :

  • Mengeruk, menggali, serta mengangkut berbagai macam material, misalnya bebatuan, lumpur, dan tanah.
  • Mengeruk sedimentasi atau lumpur di sungai, danau, dan juga di daerah tepian dermaga.
  • Menggali saluran air seperti parit dan yang lainnya.
  • Memadatkan dan meratakan tanah.
  • Menghancurkan atau membongkar material.
  • Menciptakan lubang berukuran besar, untuk menancapkan batang pondasi atau tiang pancang misalnya.
  • Membantu pekerjaan yang berkaitan dengan kehutanan dan aktivitas pertambangan.

Fungsi dari alat berat yang satu ini sebenarnya berbeda-beda, bergantung pada Ujung Tongkat yang dipakai dan Tidak semua jenis pekerjaan juga bisa ditangani oleh unit alat berat ini.

Jenis Excavator

Beberapa jenis unit ini mempunyai fungsi pekerjaan yang berbeda-beda, dimana spesifikasi bisa menyesuaikan kondisi kebutuhan pekerjaan anda dilapangan. Jadi unit manakah yang akan anda pakai?
Berikut beberapa jenis Unit Excavator yang akan dibahas.

1. Crawler Excavator

Crawler biasanya digunakan untuk berbagai aktivitas penataan landscape(datar), penambangan, maupun penggalian parit. Model ini mempunyai keunggulan tersendiri yaitu dengan kondisi medan yang tidak rata.

Kelemahan alat berat jenis pertama ini adalah gerakannya yang lebih lambat dibandingkan dengan jenis wheeled. Jenis pertama ini juga dikenal dengan versi standar excavator karena paling sering digunakan diberbagai proyek umum.

Mengapa Excavator ini disebut dengan nama Crawler? karena berjalan menggunakan roda berantai atau trek yang ada di sisi kanan dan kirinya yang mirip dengan laju jalannya tank.

Baca juga berita terbaru…
Pembangunan Infrastruktur Tahun 2022 – Indonesia

2. Hydraulic Shovel

Hydraulic Shovel biasanya sering hadir dalam proyek pertambangan dan penggalian besar. Selain memiliki kapasitas bucket yang besar, mesin yang digunakan pun sangatlah tangguh. Sangat cocok untuk pekerjaan-pekerjaan yang sangat berat.

Kelemahan Alat ini jika berada dimedan yang terlalu lembek maka unit ini tidak bisa digunakan, selain itu mekanik yang menangani pula membutuhkan keahlian yang khusus. Mengapa disebut Hydraulic Shovel? karena Unit Excavator ini menggunakan mesin tenaga uap dalam bekerja.

3. Wheeled Excavator

Jenis Unit ini yang biasa bekerja di permukaan yang keras dan datar.
Kelebihan utama alat ini adalah bisa berjalan dengan cepat serta mudah untuk bergerak di beton/Cor.
Kelemahannya adalah tidak bisa bekerja dengan maksimal di proyek yang berada di kondisi medan perbukitan atau medan berlumpur(rawa/sawah).

Desainnya tidak jauh beda dari versi pertama, kecuali roda yang digunakan di versi kedua ini adalah ban karet. Ban karet mempunyai daya cengkram yang lebih baik terhadap permukaan jalan. Serta dapat berjalan lebih cepat daripada seperti roda tank.

4. Suction Excavator

Unit ini seringkali dipakai untuk menggali di berbagai daerah yang mudah retak, mengerjakan pekerjaan di bawah tanah, dan membersihkan puing-puing sisa pembangunan.
Terdapat berbagai perlengkapan yang dimiliki oleh jenis ini dan bisa digunakan untuk memperkecil potensi kerusakan di berbagai daerah yang mudah retak.

Kelemahan alat ini adalah keterbatasan pipa hisapnya yang hanya berdiameter maksimal 30 cm atau bahkan bisa jadi lebih kecil, sehingga alat ini tidak terlalu bagus untuk digunakan di berbagai proyek berskala besar.
Disamping adanya kekurangan ada kelebihannya yaitu daya hisap yang tinggi. Pipa hisapnya bekerja selayaknya dengan menggunakan water jet yang sanggup menyedot puing atau tanah dimana kecepatan hingga mencapai 320 km/jam.

5. Long Reach Excavator

Versi unit ini sangat cocok untuk dipakai di berbagai daerah yang lebih sulit dijangkau, karena mempunyai boom dan arm atau lengan yang sangat panjang.
Model ini mempermudah pekerja untuk menjangkau wilayah yang akan digali dari jarak yang lumayan cukup jauh contoh saja dalam penataan area perbukitan yang tinggi. Bagian arm atau lengan alat ini bisa diperpanjang sampai 30 meter. Alat ini juga bisa meraih zona konstruksi secara horizontal dengan jarak 30 meter atau lebih.

Kelemahan alat ini adalah tidak bisa menggali di ruang atau medan yang sempit sehingga kurang bekerja maksimal di area tertentu.

Alat ini memang dirancang khusus untuk pekerjaan yang lokasi atau medannya sulit dijangkau oleh alat berat lainnya. Contohnya adalah proyek pembongkaran atau pengerukan di atas danau, sungai dan perbukitan.

Itulah beberapa diantara Jenis Excavator yang masih umum dipakai terutama di Indonesia.
Terima Kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca, Semoga bermanfaat. 😀

Butuh Sewa Rental Alat Berat Excavator??? 
PT FORTUNA LANCAR ADIMAKMUR rajanya...
Dapatkan Harga Sewa Alat Berat Excavator Termurah dan Terbaik dari Kami. 
Info lebih lanjut :  +(62) 812 5382 3377 ( Whatsapp / Call ) 

Posted by,
Bayu Imandono

DAPATKAN HARGA SEWA TERBAIK DARI KAMI

PT Fortuna Lancar Adimakmur siap membantu Anda

0812-5382-3377

Bagikan Halaman ini