Peran Alat Berat dalam Menangani Bencana Alam

Peran Alat Berat dalam Menangani Bencana Alam

  • Post category:Artikel

Bencana Alam melanda Indonesia

Dari Tahun lalu 2021 hingga saat ini di Indonesia masih saja terjadi Bencana Alam seperti Gempa Bumi, Gunung Meletus, Badai Angin Topan, Banjir yang mengakibatkan kerusakan-kerusakan pada pemukiman, jalan umum dan infrastruktur lainnya. Kemudian sering terjadi pula di jalan-jalan area lerengan pegunungan seperti tanah longsor, banjir lahar dingin/panas hingga pohon yang bertumbangan. Oleh karena itu Alat Berat berperan sangat penting dalam menangani di berbagai kasus Kebencanaan Alam ini yaitu dapat membantu percepatan pemulihan dan rekonstruksi setelah terjadinya bencana alam.

Alat Berat berperan Penting dalam Normalisasi

Alat Berat sendiri mempunyai banyak jenis tipe yang dapat digunakan sesuai fungsinya, mulai dari Mengeruk, Menggali, Mendorong, Melubangi, Mengangkat/Memindahkan material ketempat lain dan masih banyak lagi fungsi yang dapat digunakan dalam pernormalisasi kondisi lingkungan.

Berikut Jenis Alat-Alat Berat yang dapat digunakan pada saat kondisi Bencana Alam :

  1. Excavator
    Alat Berat Excavator sering kali digunakan pada saat terjadinya Gempa Bumi yang mengakibatkan Tanah Longsor, Bangunan Rusak dll, berfungsi sebagai menggali dan mengeruk tanah, memindahkan material bangunan. Excavator dirancang khusus untuk mengangkat material agar nampak bekerja lebih cepat dalam proses pembangunan. Ada juga Jenis Excavator bertype Breaker yaitu sebagai Penghancur material keras.
  2. Dozer (Bulldozer)
    Dozer adalah alat berat yang berfungsi sebagai pembuka jalur atau pendorong material-material besar. didesain khusus untuk mendorong beban berat seperti pohon tumbang, puing-puing material, bahkan mobil. dengan adanya Alat ini semua jalan yang tertutup karena material atau pohon bisa teratasi dengan baik dapat pula berfungsi dalam pemerataan tanah/medan.
  3. Loader
    Loader adalah alat berat yang serba guna, bukan hanya sebagai pendorong atau memindahkan material tapi pada bucket memiliki kemampuan dalam hal mengangkut dan memuat material ke Truk Sampah.
    Loader terbagi menjadi 2 kategori dalam penanganan bencana alam, yaitu Track Loader digunakan dalam kondisi permukaan curam yang stabil dan Wheel Loader digunakan dalam kondisi berbagai permukaan karena sifatnya dapay memanuvaktur yang lebih baik & cepat.
  4. Vibro
    Alat Berat yang dapat berfungsi sebagai pemadatan jalan saat setelah pemerataan tanah oleh Dozer, sehingga jalanan dapat dilewati dengan baik, hal ini berperan penting untuk perbaikan jalan dalam pembuatan jalur evakuasi dan dapat dilintasi oleh kendaraan lain seperti Pengiriman Bantuan Makanan dan Pakaian serta Kesetahan bagi Korban Bencana Alam.
  5. Truk Pengangkut (Truk Sampah / Material)
    Dalam Tahap Rekonstruksi untuk Normalisasi Bencana Alam, Truk Pengangkut Material / Sampah sangatlah dibutuhkan. Umumnya digunakan untuk mengangkut Longsoran Tanah/Pasir, Pohon Tumbang, Sampah-sampah atau Puing-puing lain yang berserakan. Jika terlalu lama saat normalisasi lingkungan dikhawatirkan memperlambat dalam evakuasi korban ataupun terlambatnya pengiriman bantuan bencana alam.

Itulah mengapa Alat Berat sangatlah penting dalam berperan Aktif untuk Normalisasi dan Rekonstruksi Lingkungan yang terdampak oleh Bencana Alam.

Sumber Informasi Berita :
detik.com, tempo.co, liputan6.com

Posted by,
Bayu Imandono

DAPATKAN HARGA SEWA TERBAIK DARI KAMI

PT Fortuna Lancar Adimakmur siap membantu Anda

0812-5382-3377

Bagikan Halaman ini